Desember, Pasar Petojo Enclek Direvitalisasi

By Admin


nusakini.com - Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya akan melakukan revitalisasi Pasar Petojo Enclek di Jl Suryopranoto, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, pada Desember 2017.


Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasrudin menuturkan, Pasar Petojo Enclek menggunakan lahan seluas 2.140 meter persegi.


"Anggaran revitalisasi Rp 18 miliar. Targetnya, pembangunan sudah bisa selesai Maret 2018," kata Arief


Dijelaskannya, Pasar Petojo Enclek merupakan bangunan cagar budaya. Jadi, dalam tahapan revitalisasi sudah dilakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta.


"Gambar rekonstruksi Pasar Petojo Enclek sudah kami terima. Dalam merevitalisasi kami tetap menjaga bentuk dan nilai sejarah yang perlu dipertahankan," terangnya.


Sementara, Kepala Unit Pengelola Pusat Konservasi Cagar Budaya Disparbud DKI Jakarta, Rucky Nellyata menambahkan, rekomendasi diberikan setelah ada persetujuan gambar perencanaan oleh Tim Sidang Pemugaran (TSP) kepada PD Pasar Jaya.


"Kita sudah lakukan pengkajian mendalam terkait bangunan cagar budaya Pasar Petojo Enclek yang akan direvitalisasi" tandasnya.(pr/kj/al)